Kerjasama Desa Itu Solusi dan Siasat Desa untuk Atasi Keterbatasan

Kerjasama menjadi siasat sekaligus solusi bagi desa untuk mengatasi beragam keterbatasan sumber daya. Ada dua faktor penentu kerjasama desa, yaitu perluasan sumber daya untuk scaling up usaha dan berbagi sumber daya untuk saling menutupi kekurangan antardesa.

Demikian pendapat, Direktur Gedhe Nusantara, Yossy Suparyo, dalam acara Jagongan Oemah Gedhe di Desa Wiradadi, Kecamatan Sokaraja, Kabupaten Banyumas, Senin (8/3). Menurutnya, kedua faktor di atas berdampak pada budaya organisasi dan pilihan bentuk kelembagaan yang tepat.

“Faktor pertama melahirkan merger dimana korporasi akan menghimpun beragam sumber daya dalam satu managemen. Sementara, pilihan kedua akan melahirkan kerja jaringan (network) yang membutuhkan korporasi yang lentur,” ujarnya.

Kedua pilihan di atas akan sama-sama membawa percepatan dan perluasan usaha, tapi membutuhkan pendekatan tata kelola organisasi yang sangat berbeda. Karena itu, para pelaku kerjasama desa musti cermat dan teliti agar dapat menentukan pilihan kesepakatan kerjasama yang tepat.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *